Logo PT Kumata Indonesia
NEWS - COMPANY NEWS

Diboyong ke Layar Lebar, Proses Kerja Animator "SI JUKI" Bikin Melongo

Posted on:
Share To

Kapanlagi.com - Kesuksesan luar biasa yang diterima komik Si Juki kreasi Faza Meonk membuat Falcon Pictures tertarik memboyongnya ke layar lebar. Proses pembuatan film animasi 2D bertajuk SI JUKI THE MOVIE: PANITIA HARI AKHIR ini rupanya cukup panjang dan berliku.

Daryl Wilson sebagai pemimpin departemen animasi membocorkan fakta-fakta bikin melongo. Salah satunya adalah untuk pembuatan sebuah adegan saja, satu detiknya membutuhkan 12 gambar. Bayangkan, dibutuhkan berapa gambar tatkala filmnya mencapai durasi kurang lebih 90 menit?

"Dalam sebuah animasi kita harus create tiap adegan yang ngelibatin animator cukup banyak. Setiap proses harus koordinasi karena kita memakai teknik 2D di mana frame per frame digabung. Di mana satu detik itu ada 12 gambar yang dibuat animator. Filmnya dua jam, jadi tinggal dikalikan. Setelah gambar selesai, digabungin sama background dan ilustrasi yang dibuat ilustrator. Lalu dijadiin satu sama editor. Total Juki ini kita ada 1800 scene," ungkap Daryl dalam peluncuran trailer resmi SI JUKI THE MOVIE di Kemang Village, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2017).

"Itu yang cukup memakan waktu lama dalam pembuatannya dan dijaga karena setiap animasi harus kita pikirin angle kameranya di storyboard, warnanya jangan belang, gambarnya harus rapi," lanjut Daryl.

Antara Daryl, Faza dan pihak rumah produksi mengaku saling bahu membahu demi suksesnya film ini. Tidak heran bila penggarapannya begitu detail bahkan sejak proses awal.

"Proses awal cukup intens ya. Karena kita harus mengenal Juki sebagai karakter. Jadi kita diskusikan satu persatu karakter yang ada. Kita akan bahas gerak-geriknya kayak apa nih lalu diarahkan ke animator. Detail itu harus dipikirin agar antar karakter nggak sama," ucap Faza.

Erica selaku produser menambahkan, "Kami membebaskan sutradara berkreasi, karena di situlah peran mereka untuk mengembangkan ide-ide tapi tetap harus ada koridor," pungkasnya.

Sumber: kapanlagi.com

Share To
  • A Ghost Story with Frightening Potential!

    Based on local Indonesian ghost tales and myths, The Demits is a comedy about struggling to find your place in a strange world.
  • Kumata Studio kembali garap Si Juki the Movie

    Kumata Studio kembali dipercaya oleh Falcon Pictures untuk menggarap film animasi mereka, Si Juki the Movie: Harta Pulau Monyet. Film yang merupakan sekuel dari Si Juki the Movie ini akan dirilis pada tahun 2020.
  • A Look at the Laugh Landfill

    Follow an assortment of talking waste disposal containers through a series of short sarcastic sketches that help us laugh at the garbage we all have to put up with everyday.
  • Millie, Stone & Boone Menuai Pujian di AAS 2018

    Projek animasi Millie, Stone & Boone menuai pujian pada presentasi AAS 2018 di Seoul, Korea Selatan karena mampu mengangkat budaya lokal tetapi dengan cerita yang dapat dinikmati penonton global.